Pisang

pisang

Siapa yang tidak kenal pisang?, buah ini sangat familiar di semua kalangan, baik rakyat rendahan sampai petinggi. Dicintai banyak kalangan karena kepraktisannya, dan tidak perlu repot untuk menikmatinya.

Tapi tidak banyak yang tahu beragam jenis pisang dan bagaimana cara terbaik untuk menikmatinya. Kita bisa menemukan pisang dengan berbagai ukuran, bentuk dan warna. Beberapa jenis pisang yang mudah ditemui dan sangat dikenal adalah pisang ambon, pisang mas, pisang raja, pisang tanduk dan pisang kepok. Menurut wikipedia, secara genetik ragam pisang budidaya berasal dari dua jenis genom, yaitu yang diberi simbol A yang lebih berkarakter buah meja (banana) dan genom dengan simbol B yang lebih berkarakter olahan. 

Pisang memberikan kontribusi gizi lebih tinggi dibandingkan apel, dan dapat menyediakan cadangan energi yang cepat diolah oleh tubuh. Kandungan gizinya sangat baik, kaya dengan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium serta mengandung vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin yang aktif melancarkan fungsi otak. Nilai kalorinya adalah 136 kal aetiap 100 gram yang berasal dari karbohidrat. Glukosa juga didapatkan dari pisang, mendukun pemenuhan aktivitas otak. Anda tidak perlu takut kegemukan mengkonsumsi banyak pisang, karena kandungan lemaknya cukup rendah hanya 0,13 %.

Bawalah pisang saat anda berkegiatan aktif baik di dalam ruangan atau di alam bebas, terutama saat berolah raga. Pisang bisa menjadi cadangan energi instan, karena dengan cepat menggantikan kekurangan energi akibat aktifitas anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s