Buah Naga

Anda tentu sudah mengenal satu karakter binatang legendaris dari negeri Tiongkok berupa hewan melata besar, bersisik, mempunyai sayap dan dapat mengeluarkan api dari mulutnya, ya Naga. Ada satu buah yang dikaitkan dengan makhluk imajinatif ini, karena kulitnya yang bersisik dan warnanya yang mencolok. Buah Naga, namanya diambil dari binatang tersebut, karena pada awalnya digunakan oleh masyarakat Vietnam yang dipengaruhi budaya tiongkok disimpan diantara dua patung naga berwarna hijau di atas altar. Dalam bahasa Vietnam disebut Thang Loy yang berarti buah naga. Oleh masyarakat Vietnam dan Tiongkok, buah ini dipercaya membawa berkah. Tapi ternyata buah ini berasal dari daratan Amerika Tengah dan Selatan terutama Mexico. Merupakan jenis kaktus, yang memang banyak tumbuh di wilayah padang pasir atau sabana di wilayah tersebut. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Pitaya atau juga Dragon Fruit. Pada akhir abad ke 18, buah ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam. dan mulai dikembangbiakkan di sana.

Meski buah naga termasuk jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus yang biasa hidup di dataran rendah dan suhu yang panas, ternyata sekarang sudah banyak dibiakkan juga di dataran cukup tinggi, sampai 1200 mdpi. Penduduk Asia, Australia dan Eropa (Israel) sudah dikenal sebagai penghasil buah tersebut. Di Indonesia, beberapa daerah seperti Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Batam dan Bandung sudah dapat ditemui petani pengembang biak.

Saat ini kita dapat dengan mudah memperolehnya di penjual buah atau di super market. Jenis buah naga yang kita temui di pasaran adalah buah naga putih dan buah naga merah yang dapat dilihat dari warna dagingnya setelah dipotong. Tapi sebetulnya ada dua jenis lagi yang relatif jarang kita temui, yaitu buah naga kuning, yang kulitnya berwarna kuning tetapi dagingnya berwarna putih dan buah naga sangat merah baik daging maupun kulitnya.

Buah Naga

Banyak yang mengaitkan buah ini dengan kiwi, karena bijinya yang hampir serupa. Rasa buah naga cenderung lebih hambar dan sedikit manis, berbeda dengan kiwi yang cenderung asam.

Harga buah naga relatif tinggi, tapi tetap banyak dicari karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Di artikel lain akan dibahas mengenai manfaat apa saja dari buah naga untuk kesehatan. Nah untuk yang belum sempat mencobanya, jangan ragu-ragu untuk mencoba, disarankan untuk dikonsumsi tidak bersamaan dengan buah lain yang memiliki rasa lebih tajam.

sumber: wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s