Manggis Ungu yang Misterius

“Kabar baik, kulit manggis sekarang ada ekstraknya!” kalimat yang sering kita dengar di berbagai media, potongan iklan dari salah satu produk kesehatan. Belakangan, kalimat tersebut juga banyak digunakan sebagai plesetan untuk meme di sosial media. Tapi, seberapa seringkah anda mengkonsumsi buah manggis?, saya yakin sebagian besar dari kita tidak lebih sering menikmatinya dibanding iklan tadi keluar di TV. Meskipun familiar, buah manggis cenderung tidak menjadi buah favorit pilihan masyarakat. Mungkin akibat getah kulit manggis yang berwarna pekat mudah menempel ke kain pakaian, sehingga para ibu lebih suka memberi buah lain kepada anak-anaknya daripada mereka merusak dan mengotori pakaian.

Selain itu, buah manggis sering digunakan untuk mainan tebak-tebakan jumlah buah di dalamnya, dilihat dari kelopaknya. Biasanya jumlah kelopak luar yang berwarna hijau sama dengan jumlah daging buah dalamnya, tapi kadang juga memiliki jumlah yang berbeda. Buah yang misterius!.

Buah manggis cukup unik, berwarna merah marun hingga ungu pekat, tapi berwarna hijau saat muda dan belum matang. Kulitnya cukup tebal, tapi relatif mudah dirobek menggunakan tangan, sehingga tanpa bantuan pisau-pun anda dapat menikmati dagingnya. Daging manggis berwarna putih cerah, bertekstur lembut dan untuk manggis yang matang rasanya manis. Masing-masing daging buah memiliki biji dan mengumpul di bagian poros buah.

Manggis tecatat sebagai buah asli Indonesia, ditemui pertama kali di sekitar wilayah Maluku dan paparan Sunda. Saat ini penyebarannya hanya berada di wilayah tropis, banyak ditemukan di Asia Tenggara, selain Indonesia, Thailand adalah salah satu penghasil terbesar buah ini. Di wilayah Amerika Utara yang beriklim tropis juga dikembangbiakkan, misalnya di Kolombia dan Puerto Rico. Di beberapa negara diolah menjadi buah-buahan beku, buah kering atau dikemas kalengan. Beberapa negara sempat menetapkan buah ini ilegal, seperti di Amerika Serikat, sampai tahun 2007.

Buah manggis dipecaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, dan sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak dahulu. Banyak digunakan untuk perawatan kulit yang terkena infeksi, disentri dan infeksi saluran kencing. Dipercaya juga dapat mencegah penyakit kanker, meskipun belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikannya.

Nilai kandungan gizi dan nutrisi buah manggis dinilai tidak terlalu istimewa, tapi memiliki kecukupan kalori dan kandungan vitamin.

 

sumber: wikipedia

Artikel lain:

Menetralkan Kandungan Alkohol Durian dengan Manggis

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s