8 Buah Penurun Kadar Kolesterol

Konsumsi makanan sehari-hari yang kurang terkontrol, dengan kadar lemak yang tinggi serta kurangnya olah raga menyebabkan masyarakat perkotaan saat ini mudah terserang peningkatan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Apabila dibiarkan, lambat laun dapat menyumbat aliran darah dan dapat berakibat timbulnya penyakit stroke dan serangan jantung. Namun ada cara alamiah untuk mengatasinya, yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan. Berikut ini 8 jenis buah yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol:


1. Buah Zaitun

Zaitun memiliki kandungan spesial, yaitu Zaitun Hydroxytyrosol yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol tinggi, namun mempertahankan kolesterol baik (HDL). Selain buahnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Masyarakat Mediterania sudah terbiasa memasukkan buah ini ke dalam menu masakannya, sehingga terhindar dari penyakit kardiovaskular.

2. Anggur Merah

Berdasarkan studi di The Department of Metabolism and Nutrition, Universidad Complutense du Madrid, Spanyol, anggur merah dapat secara signifikan menurunkan kadar LDL sebesar 9-12%.  Mengkonsumsi anggur merah secara rutin disarankan bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol di tingkat yang tinggi.


3. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan beta-sitosterol, yaitu lemak nabati yang dapat menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan kadar HDL. Namun karena kandungan kalori dan lemak-nya cukup tinggi, maka tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsinya.

4. Berry

Keluarga buah berry mengandung banyak antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, diantara buah berry ini ada strawberry, blueberry, acai berry, blackberry dan cranberry. Saat anda berada di restoran yang menawarkan jus berry, maka pesanlah untuk mengimbangi makanan yang mengadung lemak dan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol. 

5. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis memiliki kandungan zat flavonoid yang tinggi, yang dapat menghambat produksi LDL dalam darah.

6. Apel

Serat larut yang banyak terkandung dalam buah apel merupakan sumber beta glucan yang berperan dalam kontrol penyerapan dan produksi kolesterol.

7. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan tinggi zat likopen yang ikut berperan mengendalikan produksi kolesterol.

8. Delima

Seperti juga jeruk nipis, buah delima memiliki kandungan tinggi zat flavonoid.

Mengkonsumsi buah-buahan di atas dengan rutin dan porsi yang seimbang akan dapat membantu mengkontrol dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Jangan lupa untuk juga berolah raga secara teratur, dan pola hidup sehat.

sumber: grosiramazonplus.com, makananpenurunkolesterol.com, http://www.amazine.co

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s