Hasil Riset Menunjukkan Buah Pear Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah rilis dikeluarkan oleh Food Research International bahwa buah pear sebagai bagian dari diet kesehatan berpotensi menurunkan resiko dibates tipe 2 dan tekanan darah tinggi akibat diabetes. Studi dilakukan oleh sebuah tim riset yang berasal dari North Dakota State University, Fargo dan University of Massachusetts, terdiri dari Kalidas Shetty, Dipayan Sarkar dan Chandrakant Arikolekar dan Marcia Pinto. 

  

Eksperimen melauli tes in vitro (tes tabung) menunjukkan dua varietas pear yang dipelajari mengontrol tingkat kadar gula dan tekanan darah tinggi akibat diabetes. Menurut Profesor Shetty, studi lanjutan diperlukan untuk membuktikan efek tersebut dapat diaplikasikan ke dalam tubuh manusia. Hasil studi menunjukkan strategi program diet dengan mengkonsumsi seluruh bagian pear selain berpotensi menurunkan tekanan darah dan glukosa, juga meninggalkan ketergantungan masyarakat pada obat diabetes. 

Catatan WHO menunjukkan bahwa diabetesi (penderita penyakit diabetes) sudah mencapai 387 juta orang dewasa di seluruh dunia. Apabila dibiarkan, proyeksi tahun 2035 akan mencapai 592 juta. Beberapa laporan juga menunjukkan epidemi mulai menjangkit anak-anak. 

Hasil studi lainnya adalah buah pear yang difermentasi dapat mengurangi bakteri H. pylori yang biasanya mengganggu sistem pencernaan, tapi tidak mengganggu pertumbuhan bakteri baik dan bermanfaat untuk tubuh. Riset dilakukan dengan fermentasi 24, 48 dan 72 jam, setelah diteliti, fermentasi minimal 48 jam yang mempunyai khasiat tersebut. 

Dengan hasil riset tersebut, Prof. Shetty mendorong pertumbuhan buah-buahan yang dikelola dengan baik untuk dapat mengurangi penderita penyakit diabetes.

sumber: http://www.sciencedaily.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s