Si Manis Rambutan

Siapa yang tidak kenal rambutan?, buah manis ini adalah salah satu buah asli dari semenanjung Malaka. Dalam sejarahnya banyak ditemukan di wilayah Malaysia, Philipina dan Indonesia. Dalam bahasa internasional pun, buah ini bernama rambutan, yang memang diambil dari bahasa Melayu. Nama latin dari buah ini adalah Nephelium Lappaceum, masuk dalam family Sapindaceae. Buah tropis ini memang berkembang baik pada suhu hangat antara 20-30 derajat Celcius dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Tinggi pohon rambutan bisa mencapai 20 meter, dan dapat dipanen dua kali dalam setahun.

  

Selain dikembangbiakkan di wilayah Asia Tenggara, sekarang rambutan juga merupakan hasil perkebunan wilayah tropis lain seperti di Amerika Selatan, Australia dan Hawaii.

Banyak sekali jenis rambutan yang bisa dikenali, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Rambutan yang baik dan cenderung berharga tinggi adalah yang rasanya manis dan yang daging buahnya mudah dilepaskan dari bijinya. Di Indonesia dikenal sekitar 22 jenis rambutan yang dikembangbiakkan secara komersial. Yang terkenal adalah Rapiah, Aceh Lebak Bulus, Cimacan, Binjai dan Sinona. Rambutan rapiah dikenal karena rambutnya yang tidak gondrong dan rasanya yang sangat manis meski ukurannya relatif lebih kecil.

Kandungan nutrisi dalam rambutan cukup lengkap, mulai dari vitamin, mineral lain dan kalori. Jumlah kandungan nutrisinya dinilai cukup baik, namun kandungan mangasida lebih dominan. Rambutan bisa berfungsi sebagai anti-oxidan.

Umumnya buah rambutan dikonsumsi secara langsung, namun dapat juga diolah menjadi jus, dibuat manisan, campuran es buah atau cocktail.

sumber: wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s