Cempedak Buah Wangi yang Terlupakan

Bila anda ditanya mengenai buah nangka, mungkin sebagian besar akan tahu, tapi bagaimana dengan buah cempedak?. Cempedak memang tidak sepopuler saudaranya, meskipun masih dalam satu genus Artocarpus. Tidak mengherankan, karena memang untuk mendapatkan buah ini tidak semudah menemukan nangka. Dewasa ini, di toko-toko swalayan atau supermarket jarang ditemui buah cempedak di jual. Toko khusus buah-buahan mungkin masih menyediakan dalam jumlah kecil. Untuk mendapatkannya kita harus mencari ke daerah tertentu, misal di daerah Depok atau Parung.

Masyarakat Betawi suka mengolah buah ini dengan cara digoreng dengan tepung, untuk dinikmati bersama teh atau kopi. Memang rasanya luar biasa, ditambah aromanya yang tajam, melebihi nangka. Selain buahnya, biji cempedak pun dapat dinikmati dengan cara digoreng dan biasanya ditaburi garam atau direbus untuk menghasilkan makanan lezat yang lembut dan padat karena kaya akan karbohidrat. Di beberapa wilayah, cempedak muda juga digunakan sebagai bahan sayur, seperti halnya nangka muda. Di Banjar, kulit cempedak pun dapat diolah menjadi makanan, yang dinamakan Mandai, yaitu dengan mengupas kulitnya sampai berwarna putih, kemudian merendamnya dalam air garam selama beberapa jam sampai satu bulan, sebelum digoreng.

  

Berbeda dengan nangka, ukuran cempedak relatif lebih kecil, buahnya lebih mudah lepas dari kulitnya. Daging buah berada di sekitar buah gagal atau bunga steril (berupa serabut tebal) yang disebut Dami. Daging berwarna kuning, oranye kemerahan, manis dan terasa licin. Bentuk buah bulat lonjong, kulitnya berwarna hijau, ukurannya bisa mencapai panjang 35-40 cm.

Buah cempedak mempunyai beberapa varian, yang paling banyak dikenal adalah cempedak lokal, cempedak Malaysia, nangka cempedak dan cempedak air. Tapi umumnya yang sering dikembangbiakkan adalah cempedak lokal. Tanaman cempedak tersebar di wilayah Asia Tenggara, selain di Indonesia banyak ditemukan di Malaysia, Burma dan Thailand.

Kandungan nutrisi dalam buah cempedak hampir mirip dengan nangka, vitamin A mencapai 200 SI per 100 gram, sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin C yang dikandung buah cempedak lebih tinggi dibandingkan nangka. Selain itu buah ini kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. 

Sumber:

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Cempedak#

http://www.peterparkerblog.com/3440/buah-cempedak/

http://alamendah.org/2014/09/21/mengenal-cempedak-buah-asli-indonesia/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s