8 Manfaat Buah Kelapa dalam Dunia Kulinari

Kelapa yang dalam bahasa latin disebut Cocos nucifera, adalah tanaman yang termasuk ke dalam suku aren-arenan (Arecaceae), banyak tumbuh di pesisir pantai. Buahnya disebut juga kelapa, memiliki beberapa bagian, yaitu kulit luar yang keras, serabut kulit dalam (mesokarp), batok (endokarp), daging kelapa berwarna putih yang merupakan endapan air kelapa dan tentu air kelapa yang segar. Tumbuhan kelapa dikenal dengan nilai ekonomis dan manfaatnya, seluruh bagian pohon dan buahnya dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam dunia kuliner, buah kelapa sudah tidak asing lagi dan sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun belahan dunia lain secara turun temurun. Berikut ini adalah 8 manfaat buah kelapa dalam dunia kuliner: 

1. Air Kelapa untuk Masakan 

Untuk melunakkan bahan masakan, air kelapa kerap digunakan sebagai pengganti air putih, selain itu rasanya akan berbeda, lebih gurih dan lezat. Penggunaannya misalnya untuk menanak nasi supaya lebih gurih dan wangi, memasak ayam pop, supaya daging lebih empuk, tempe bacem dan lain-lain.

5d007aeac77ac20674c47ee5e2b27084

2. Air Parutan kelapa sebagai santan

Bila kita menemukan masakan berkuah gurih yang berwarna cenderung memutih, berarti ada santan di situ. Santan sudah digunakan sejak lama sebagai campuran makanan, terutama untuk kuah soto. Soto Betawi, Opor  Ayam, Coto Makassar dan rendang Padang adalah beberapa contoh masakan bersantan. Kelezatan makanan dengan santan ini memang sudah diakui secara global di seluruh dunia. Tapi untuk anda yang punya kecenderungan berkolesterol tinggi lebih baik membatasi makan makanan jenis ini. Selain makanan berat, banyak penganan lain yang menggunakan santan, mulai dari bubur samapai kue basah.

  

3. Parutan kelapa sebagai serundeng

Pernah makan ayam goreng ditaburi serundeng?, rasanya mantap tenan!. Rasa ayam goreng yang gurih tiperkuat dengan serundeng yang lezat, semakin lengkaplah lidah kita dimanjakan. Serundeng adalah parutan kelapa yang digoreng kering, kadang dicampur bawang putih agar rasa dan wanginya khas.  

4. Degan, minuman khas tropis

Tidak ada yang lebih baik daripada meminum air kelapa dari batoknya, tanpa campuran gula atau susu, rasanya begitu segar, mnghilangkan dahaga ketika kita berada di pantai yang panas misalnya. Beberapa penjual dan resto, memasukkan sirup, gula cair atau susu sebagai campuran, untuk yang lebih suka rasa manis. Sekarang kadang ditemui juga penjual kelapa bakar, yaitu dengan cara menaruh batok kelapa sebelum dibuka ke dalam bara api. Kita bisa menikmati air kelapa yang panas, ditambah susu akan terasa seperti minum bajigur, hangat dan menyehatkan. Bonus yang didapat kala menikmati degan adalah daging kelapa yang kenyal dengan cara mengerok dinding dagingnya.

  

5. Es Kelapa muda

Penyajian yang lebih modern dari degan, menikmati air kelapa dan buahnya dalam gelas atau mangkuk. Umumnya es kelapa dicampur gula, sirup dan susu dan tidak lupa ditambahkan batu es. Rasa es kelapa muda saat ini sangat beragam, mulai dari kelapa-jeruk, kelapa-sirsak, kelapa-markisa sampai kelapa-duren.

  

6. Santan untuk minuman

Es dawet atau cendol adalah salah satu contoh minuman yang menggunakan santan. Santan digunakan sebagai pemberi rasa gurih, yang ketika dikombinasikan dengan gula aren atau bahan lainnya ditambah es menjadi sangat unik, kaya rasa.

  

7. Parutan kelapa pelengkap kue

Banyak sekali makanan khas Indonesia yang menggunakan parutan kelapa sebagai bagian dari penganan. Ada yang menggunakannya sebagai isian, misalnya roti kopyor, ada juga yang digunakan sebagai taburan atau balutan, misalnya kelepon, kue putu, ketan dan lain-lain.   

8. Daging kelapa sebagai bahan kue

Ada beberapa jenis kue yang menggunakan daging kelapa sebagai bagian dari bahannya, salah satu contoh kue terkenal adalah Klaapertaart. Sensasi gigitan yang lembut akan dipadu dengan tekstur daging kelapa yang kenyal.

  

Sumber: berbagai situs

Iklan

3 comments

    • Sampai saat ini belum ada pembahasan atau penelitian khusus mengenai manfaat serundeng, terutama berkaitan dengan kesehatan. Serundeng sendiri tidak hanya berbahan kelapa, tapi dicampur bahan lain seperti bawang, ketumbar dll. Pengolahannya yang digoreng kering malah berpotensi menghilangkan khasiat dari kelapanya sendiri. Manfaatnya yang utama tentu membuat makanan jadi enak ;). Semoga jawabannya tidak memuaskan …

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s