Mengkonsumsi Buah Nanas Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Sering kali kita mendengar larangan bagi ibu hamil mengkonsumsi buah nanas, terutama nanas muda, dengan alasan akan mengganggu prtumbuhan janin. Bahkan nanas muda sering dikaitkan dengan kegiatan menggugurkan kandungan dengan sengaja (aborsi). Apakah hal tersebut merupakan fakta?.

Buah nanas memang mengandung enzim Bromelain yang dapat melemahkan dinding rahim atau serviks yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat mengganggu kehamilan. Kandungan bromelain semakin banyak ditemukan pada nanas muda terutama yang kulitnya masih berwarna hijau. 

  
Enzim bromelain adalah enzim protease dan memiliki kandungan amilase, selulosa, asm fosfatase dan asan peroksidase dalam jumlah sangat kecil.  

Akibat over dosis bromelain adalah pendarahan hebat, karena enzim ini memiliki efek mengencerkan darah dan meningkatkan aliran darah.

Tapi bromelain tentu mempunyai manfaat positif, diantaranya menyehatkan jantung, karena kemampuannya melancarkan peredaran darah dan menghindari pembkuan darah (anti-koagulan), kemampuan lain dari bromelain adalah dapat memecah protein, sehingga bermanfaat dalam menyembuhkan kejang otot. Untuk penderita rematik, enzim ini membantu penyerapan sulfur dan glukosamin sehingga memperbaiki sendi. Penderita penyakit kulit dapat disembuhkan, juga kulit terbakar, karena bromelain dapat cepat menggantikan sl kulit mati. Sifat anti inflamasi juga bermanfaat untuk pasien penderita sinusitis dan bronchitis, karena dapat menyingkirkan kandungan lendir pada saluran pernafasan bagian atas. Dari studi juga ditemukan bahwa bromelain dapat melemahkan aktifitas sel kanker.

pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas? tentu saja boleh, adal tidak berlebihan dan diutamakan buah nanas yang sudah matang. Buah banas kayak akan vitamin C dan kandungan lainnya seperti fosfor, sukrosa, zat besi, natrium, kalsium dan dekstrosa. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi buah nanas, untuk mengetahui kondisi pasti kandungan anda.

sumber:

http://bidanku.com/bolehkah-ibu-hamil-mengkonsumsi-nanas
http://www.amazine.co/23983/apa-enzim-bromelain-12-manfaat-4-efek-samping-bromelain/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s