Durian Berbau Busuk?, Inilah Buah-Buahan Berbau Tajam

Ketika kita mengunjungi pasar buah atau supermarket seksi buah, sering kali mencium satu jenis buah yang sangat dominan, mengalahkan bau dari buah lainnya. Bau dari masing-masing buah mempunyai ciri khas, kita akan dapat mengenalinya secara otomatis meskipun tidak melihat wujudnya. Secara alamiah, bau pada buah berfungsi sebagai penarik hewan/serangga untuk mendekat dan membantu proses perkembang biakkan.

Berikut ini peringkat buah-buahan dengan bau tajam:

5. Pisang

Pisang mengeluarkan bau yang khas untuk menarik serangga kecil, bau pisang seperti gabungan dari apek dan wangi hangat, semakin tua, bau ya semakin tajam, beberapa jenis pisang tertentu berbau lebih tajam dan wangi segar, seperti pisang nangka. Bau pisang memang tidak terlalu segar sehingga jarang dijadikan pewangi ruangan, hanya beberapa produsen pewangi mobil menggunakannya.

  
4. Jeruk

Wangi jeruk sudah sangat familiar dan cenderung mudah disukai banyak orang. Ketika dalam sebuah kenduri, yang menyajikan jeruk, kita dapat mencium keberadaannya secara dominan dibanding buah lainnya. Kesegaran wangi jeruk terbukti dengan paling banyak digunakan sebagai pewangi, baik pewangi ruangan, mobil, pewangi sabun, pasta gigi dan sebagainya. Bahkan jeruk nipis biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

  
3. Mengkudu

Memang bukan jenis buah yang familiar, bahkan mungkin banyak orang yang tidak kenal bahkan belum pernah melihat langsung buah ini. Karena selain rasanya yang tidak enak, buah mengkudu banyak dikonsumsi hanya sebagai obat. Baunya menyengat dan tidak mengenakkan, beberapa orang menyebutnya seperti bau busuk.

  
2. Nangka

Buah yang satu ini super wangi, dengan baunya yang tajam bisa meningkatkan selera makan. Beberapa makanan atau minuman menggunakan buah ini sebagai penarik, sebut saja es teler, es buah dan kadang cendol dawet. Dalam porsi yang cukup, wangi nangka memang mengasikkan, tapi bila terlalu banyak kadang bisa membuat pusing kepala.

  
1. Durian

Semua pasti setuju, bahwa durian adalah buah dengan bau yang paling tajam. Bila kita ada di sebuah supermarket atau toko buah, dan di antara buah-buah tersebut terdapat durian, pasti dialah yang pertama tercium baunya. Bagi penyuka durian, wanginya dianggap sangat menggoda, sedangkan bagi yang tidak suka, baunya dapat membuat mual. Beberapa pendapat menyebut, bau durian seperti bau kaos kaki! …. anda yang tidak setuju sudah pasti penyuka durian. Saking tajamnya bau buah ini, ada aturan larangan di pesawat atau hotel untuk membawanya, kecuali dikemas sedemikian rupa sampai tidak tercium baunya. Beberapa kejadian mencatat, ibu hamil menjadi sangat benci baunya, walaupun dalam keadaan normal sang ibu menyukainya.

  
Nah bagaimana dengan anda?, buah apakah yang menurut anda memiliki bau yang paling tajam?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s