Buah yang Baik untuk Bayi 6 bulan +

Setelah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi memasuki tahap berikutnya dalam hal asupan makanan yaitu belajar makan. Pada tahap ini makanan bertindak sebagai pelengkap ASI (MPASI = makanan pelengkap ASI), jangan menghentikan pemberian ASI secara tiba-tiba, kecuali keadaan yang tidak memungkinkan misalnya ASI sudah tidak keluar. Makanan yang disarankan adalah yang bertekstur halus karena sistem pencernaan bayi harus terlebih dahulu beradaptasi dengan asupan yang lebih keras dari biasanya.

Buah-buahan adalah salah satu makanan sumber vitamin dan nutrisi, selain itu kandungan seratnya juga akan membantu sistem pencernaan bayi, dapat menghindarkan dari konstipasi atau sembelit.

Pada tahap awal pemberian makan, hindari buah dengan rasa masam seperti strawberry atau anggur, karena rasanya akan asing di lidah bayi dan mempunyai resiko negatif pada lambung bayi. Selain itu kesabaran ibu diperlukan saat pemberian buah pertama, karena selain proses mempersiapkannya tidak mudah, bayi pun pada awalnya kemungkinan menolak makanan yang “asing” di lidahnya. Dengan ketelatenan tinggi, bayi akan beradaptasi secara perlahan dengan variasi rasa baru.

  
Beberapa pilihan buah yang cocok untuk tahapan MPASI:

1. Pisang

Buah ini termasuk yang paling umum diperkenalkan pada bayi pertama kali, selain proses mengolahnya mudah, kandungan karbohidrat tinggi dari pisang membuat bayi kenyang. Cara paling mudah pemberian pisang pada bayi adalah dengan mengerok daging pisang dengan sendok dan langsung disuapkan. Hati-hati dalam memilih pisang, pastikan pisang sudah matang dan tidak bergetah. Kandungan pada pisang yang baik untuk bayi adalah kalium, fosfor, asam folat dan vitamin A. Selain dengan mengerok langsung, pisang dapat digunakan sebagai campuran bubur atau sebagai pure.

2. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang memiliki kemiripan dengan enzim yang terdapat dalam sistem pencernaan. Pemberian pepaya disarankan pada pagi hari, karena apabila ada alergi pada bayi akan bisa lebih mudah diatasi. Pepaya sangat baik bagi kesehatan pencernaan bayi, membantu buang air besar secara lebih rutin.

3. Apel

Apel memiliki kandungan Kalium, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin A dan Vitamin C, sangat baik untuk kebutuhan gizi bayi. Cara penyajiannya adalah, kupas kulit apel hingga bersih, potong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam panci, rendam dengan air. Setelah melunak, masukkan ke dalam blender, kemudian dihaluskan.

4. Pear

Umumnya, pengolahan pear adalah dengan cara memotongnya kecil-kecil dan mengukusnya sampai lunak kemudian dihaluskan dengan sendok sebelum disuapkan. Pear memilik kandungan gizi berupa fosfor, kalium, kalsium dan vitamin C.

5. Jeruk

Pemberian jeruk pada tahap MPASI memang sedikit “tricky”, anda harus memilih jeruk yang benar-benar manis. Cara pengolahannya dengan cara diperas sari jus-nya dan kemudian disuapkan kepada bayi. Kandungan tinggi vitamin C pada jeruk meningkatkan daya tahan tubuh bayi pada virus flu. Kandungan lain jeruk yaitu kalium, kalsium, asam folat dan vitamin A. Untuk bayi di atas 8 bulan, jeruk dapat diberikan secara langsung pada bayi untuk dihisap sarinya, tapi hati-hati dengan bijinya, jangan sampai buah hati anda tersedak. Asupan langsung jeruk juga memberi asupan serat untuk bayi.

6. Tomat

Tomat juga merupakan sumber vitamin C yang tinggi selain kandungan lain berupa kalsium, natrium, protein, magnesium, asam folat, vitamin A dan serat. Pengolahan tomat biasanya sebagai campuran bubur atau sebagai saus pencampur.

Untuk mengetahui apakah buah-buah tersebut memiliki efek alergi pada bayi anda, asupan buah dicoba tanpa dicampur dulu dengan buah lain. Setelah anda merasa yakin tidak ada reaksi alergi, anda dapat mencampurkannya dengan buah lain atau memvariasikan dengan buah lain. Selamat mencoba!

sumber:

http://bidanku.com/5-jenis-buah-buahan-pada-tahap-memperkenalkan-mpasi

http://www.ayahbunda.co.id/artikel/gizi.kesehatan/bayi/5.jenis.buah.baik.untuk.bayi/001/001/1311/2

http://m.parenting.co.id/article/mobArticleDetail.aspx?mc=001&smc=002&ar=215

http://goresankesehatan.blogspot.com/2015/03/makanan-dan-minuman-yang-baik-untuk.html

http://merries.co.id/baby/5-pilihan-buah-bergizi-untuk-bayi-moms/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s