Kesemek – Buah Langka Dengan Rasa Lebih Manis dari Namanya

Ketika mendengan nama kesemek, mungkin pikiran anda akan terlempar ke situasi meremehkan. Nama buah kampung, tidak populer dan mungkin anda berfikir ini adalah buah yang tidak enak. Hal yang wajar karena memang buah ini termasuk langka, dan tidak semua orang kenal dengannya. Tapi bagaimana dengan nama persimmon?, mungkin anda akan sedikit lebih menghargainya. Kesemek atau persimmon, oleh masyarakat Jepang lebih dikenal dengan nama kaki, memiliki nama latin Diospyros Kaki. Kaki dalam bahasa Jepang merujuk pada zat tanin yang dihasilkan buah ini. Buah kesemek muda menghasilkan zat tanin yang terasa sepat di lidah, oleh orang Jepang digunakan sebagai bahan untuk membantu proses produksi arak beras, juga mengawetkan berbagai kerajinan tangan. Untuk menghilangkan rasa sepat, buah ini biasanya diolesi air kapur dan diperam, maka tidak heran buah ini selalu seperti diberi bedak ketika kita menemukannya di penjual buah.

n5

Kesemek berukuran antara 2-8 cm dan berwarna jingga kekuningan hingga jingga kemerahan. Teksturnya dagingnya mirip dengan buah pear, lembut dan berair, sangat segar bila dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan dikonsumsi di siang hari yang terik. Rasanya? manis dan menyegarkan!

Buah ini dipercaya berasal dari daratan China dan tersebar secara alami ke Jepang, seiring masa kolonialisme, akhirnya menyebar sampai Eropa dan Amerika. Di Indonesia, kesemek dapat ditemui di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan di wilayah Brastagi, Umatera Utara. Daerah pertumbuhannya adalah di dataran tinggi di pegunungan.

buah-kesemek

Kandungan buah kesemek diantaranya karbohidrat (19.6%), fruktosa dan glukosa, protein (0,7%), vitamin A dan kalium. Selain itu mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mangan, besi dll. Kandungan gizinya yang tinggi dipercaya memiliki khasiat untuk:

  • Menyehatkan paru-paru
  • Menguatkan limpa
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengobati asma
  • Mengobati batuk berdahak
  • Mengobati sakit perut
  • Mengobate diare dan disentri
  • Memelihara kelenturan pembuluh darah
  • Meurunkan tekanan darah tinggi

Tidak mudah memperoleh buah ini, di pasar-pasar tradisional jarang ditemukan. Untuk mendapatkannya anda harus berjalan-jalan ke daerah pinggiran atau kota penghasil buah-buahan. Untuk anda yang tinggal di Jakarta, coba mencarinya di sekitar Parung atau Depok atau bahkan ke Kota Bogor.

sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Kesemek

http://alamendah.org/2012/06/26/kesemek-si-buah-kaki-yang-makin-langka/

http://polahidupsehat.web.id/khasiat-dan-manfaat-buah-kesemek-untuk-kesehatan/

images:

https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAcQjRw&url=http%3A%2F%2Fwww.mekarsitrun.com%2Fproduk%2Fkesemek%2F&ei=Fzh1VaHUEKbGmQWLvYG4Cg&bvm=bv.95039771,d.dGY&psig=AFQjCNE8ONp82LH7hqcY2q4XXtUXy2EXNQ&ust=1433831804499622

https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAcQjRw&url=http%3A%2F%2Fbkpd.jabarprov.go.id%2Fkhasiat-buah-kesemek%2F&ei=ZTh1VameKKfImAWpgILIAg&bvm=bv.95039771,d.dGY&psig=AFQjCNE8ONp82LH7hqcY2q4XXtUXy2EXNQ&ust=1433831804499622

https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAcQjRw&url=http%3A%2F%2Fnisrina.co.id%2Fblog%2Fkehebatan-dari-buah-kesemek-untuk-kesehatan%2F&ei=pTh1VcKGFqS5mwWgr4DwBA&bvm=bv.95039771,d.dGY&psig=AFQjCNE8ONp82LH7hqcY2q4XXtUXy2EXNQ&ust=1433831804499622

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s