Berpuasa Sehat dengan Konsumsi Buah-Buahan

Berpuasa selain merupakan ibadah wajib bagi umat muslim mempunyai efek kesehatan bagi badan, diet puasa merupakan salah satu yang dipercaya paling berhasil. Namun kadang momen ini dirusak dengan kebiasaan tidak sehat, terutama pada saat berbuka puasa. Kesalahan yang paling umum saat berbuka adalah makan secara berlebihan, seolah-olah pembalasan setelah seharian menahan lapar, kita secara membabi buta melahap semua makanan sampai perut penuh dan terasa super kenyang. Kesalahan berikutnya adalah tidak memberi kesempatan lambung beradaptasi dengan kondisi seharian tadi yang kosong, kerap kali kita langsung makan kenyang segera setelah berbuka. Yang terbaik adalah seperti yang dianjurkan, berbuka dengan yang manis (mengandung sukrosa, glukosa dan karbohidrat) untuk segera menggantikan energi dengan porsi secukupnya, tidak berlebihan, kemudian memberikan kesempatan untuk lambung beristirahat (diselang dengan ibadah sholat maghrib), baru kemudian diisi dengan makanan lebih berat secukupnya. Kesalahan berikutnya yang sering terjadi adalah pemilihan makanan yang salah, umumnya kita membuat toleransi tinggi dengan makanan di bulan puasa baik untuk sahur ataupun berbuka. Makanan yang biasanya dihindari saat tidak berpuasa, menjadi boleh, khusus di bulan puasa. Kemudian makanan tidak sehat dihidangkan saat berbuka, sebisa mungkin hindari gorengan saat berbuka, kemudian mengkonsumsi ta’jil yang dingin (misalnya sop buah dingin atau es jus) langsung saat bedug maghrib. 

Mengkonsumsi buah saat berpuasa baik saat makan sahur maupun saat berbuka, memiliki banyak kebaikan karena kandungan-kandungannya. Bagi anda ibu rumah tangga, jadikan buah sebagai sajian wajib bagi keluarga tersayang selama bulan puasa. Pilih buah secara variatif selama sebulan, dengan melihat berbagai manfaatnya. Buah-buahan kaya akan serat yang membantu menjaga kesehatan organ pencernaan, menghindari dari konstipasi. Kandungan vitamin menjaga tubuh dari serangan virus atau oxidan (racun), kandungan mineral menjaga metabolisme berjalan dengan baik, sedangkan kandungan karbohidrat dan gula memberikan cadangan energi selama 12-13 jam kita berpuasa.

Buah-buahan berikut ini menjadi salah satu pilihan untuk anda berpuasa:

Kurma

Buah yang identik dengan bulan puasa, mengandung banyak karbohidrat dan gula alami (sukrosa, glukosa), mampu menggantikan energi yang hilang dengan sangat cepat. Mengkonsumsi minimal 3 biji kurma selama berbuka sudah cukup memenuhi kebutuhan energi sebelum berkegiatan ibadah sholat maghrib. Tetapi mengkonsumsi kurma saat makan sahur juga baik, karena kandungan seratnya yang tinggi.

Mangga

Buah mangga, selain mengandung banyak serat, juga punya kandungan vitamin yang penting untuk menghindarkan kita dari serangan penyakit dan virus. Selain itu kandungan gula dan kalorinya termasuk tinggi, mampu mensuplai kekeurangan energi. Kandungan plafonoidnya membantu memperlancar sirkulasi darah.

Jeruk

Konsumsi jeruk selama bulan puasa membantu kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C tinggi-nya, untuk anda yang merasa akan terkena flu, konsumsi jeruk dengan porsi lebih banyak, lendir yang menyumbat di hidung, tenggorokan dan paru-paru segera dikeluarkan. Jeruk juga memiliki kelebihan dapat membuang racun dalam lever. Kandungan serat dari jeruk juga jangan dilupakan, membantu kesehatan organ pencernaan.

Pisang

Pisang kaya akan kandungan mineral kalium, penting untuk menghindarkan dari diare, daging buahnya dapat melapisi dinding lambung dan usus, mengobati radang. Pisang juga mengandung karbohidrat yang tinggi, dapat segera menggantikan kebutuhan energi saat lapar setelah seharian berbuasa.

Alpukat

Kadar lemak tak jenuh dalam buah alpukat memberikan suplai bagi kebutuhan lemak selama berpuasa, tapi menghindakan dari kolesterol. Juga menjaga kesehatan jantung.

Nanas

Kandungan enzim bromealin dalam buah nanas membantu membersihkan lendir dalam organ pencernaan, menghindarkan dari konstipasi dan melancarkan BAB. Nanas juga kaya akan serat, memenuhi kebutuhan tubuh akan serat selama berpuasa.

Apel

Apel kaya akan mineral yang berfungsi sebagai anti oksidan, membuang racun dari tubuh. Kandungan vitamin-nya meningkatkan metabolisme dan menjaga kekebalan tubuh. Konsumsi apel dengan kulitnya akan memenuhi kebutuhan akan serat.

Klengkeng

Kandungan klengkeng berupa gula (glukosa dan sukrosa) cukup tinggi, menaikkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. Kandungan lainnya adalah vitamin A dan B serta asam tartarik, meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme.

Pepaya

Pepaya dikenal akan kandungan seratnya, melancarkan BAB, membantu kesehatan organ pencernaan dan menghindarkan dari konstipasi. 

Kombinasikan berbagai jenis buah untuk memenuhi berbagai kebutuhan tubuh akan vitamin, enzim, mineral, karbohidrat dan gula. Selamat berpuasa yang sehat!

sumber gambar:

http://m.republika.co.id/berita/ramadhan/shaum-sehat/13/07/30/mqpn0f-banyak-makan-buah-saat-puasa

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s