Cara Membuat Pisang Lebih Awet

Pisang perlu diakui adalah salah satu buah-buahan favorit kita, selain karena harganya terjangkau, cara mengkonsumsinya sangat mudah, tidak perlu treatmen khusus untuk menikmatinya. Hanya perlu mengupas kulitnya dengan tangan (tanpa alat bantuan) dan hap! … masukkan ke dalam mulut.

Tapi umur penyimpanan pisang tidak lama, dalam suhu ruangan pisang cepat matang dan kulitnya berubah menjadi kecoklatan. Hal ini dikarenakan pisang secara alami melepaskan gas etilen untuk mematangkan satu sama lain. Jadi untuk mengawetkan pisang agar bisa lebih tahan lama disimpan adalah dengan cara memperlambat pematangan melalui pengurangan pelepasan gas tersebut. Dalam suhu di bawah 13 derajat celcius, proses pematangan ini dapat berkurang.

Dalam video ini akan dibahas tips secara rinci untuk mengurangi proses pematangan pisang, serta buktinya dalam waktu 7 hari. Prosesnya secara singkat adalah sebagai berikut:

  1. Pisahkan buah pisang satu sama lain. Agar diperhatikan, jangan sampai buah pisang tersebut terpisah dari bonggolnya. Jadi dalam pemisahannya diusahakan bagian bonggol ikut terbawa (jangan sampai kulit pisang terkelupas atau terbuka).
  2. Setelah terpisah, bungkus satu buah pisang dengan plastik dengan ketat agar tidak ada udara yang menyentuh buah pisang. Sentuhan udara dengan buah pisang-lah yang menghasilkan reaksi yang menghasilkan gas etilen.
  3. Setelah masing-masing buah dibungkus plastik dengan rapat, masukkan semuanya ke dalam plastik lebih besar. Disarankan menggunakan plastik double agar terhindar dari suhu udara yang terlalu dingin di dalam kulkas.
  4. Masukkan bungkusan plastik tersebut ke dalam kulkas.

Pisang dapat bertahan sampai dengan 7 hari dalam kondisi yang baik dan masih dapat dikonsumsi.

Silahkan dicoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s