Melon Emas yang Istimewa

Mungkin anda sering menikmati buah melon berwarna hijau, melon yang lebih dikenal secara umum. Bagaimana dengan melon emas?, dalam bahasa inggris varietas ini disebut Golden Honeydew Melon. Sesuai dengan namanya, kulit luar buah ini berwarna kuning, tidak seperti melon hijau yang bertekstur, melon emas memiliki kulit yang sangat halus. Bentuk buahnya lebih lonjong, berbeda dengan melon hijau yang cenderung membulat seperti bola.

beberapa varietas melon

Warna dagingnya putih kekuningan dan rasanya jangan ditanya, sangat manis. Melon hijau kadang meninggalkan rasa pahit di lidah saat kita minum air putih setelah mengkonsumsinya, berbeda dengan melon kuning ini. Tekstur daging buah melon emas lebih kriuk-kriuk – crunchy … bayangkan seperti anda sedang memakan pepaya mangkel, bayangkan bila disajikan dalam kondisi dingin stelah disimpan dalam kulkas dan dinikmati saat cuaca panas … segar!!!. Kelebihan lain dari varietas melon ini adalah kulit luarnya yang relatif tipis, sehingga dagingnya lebih tebal, anda cukup membuang 2-3 mm kulitnya saja.

Harga melon emas di pasaran cukup tinggi, hampir dua kali lipat harga melon hijau. Tapi harga mahal tersebut layak untuk buah dengan kualitas tinggi tersebut. Anda tidak akan merasa rugi setelah menikmatinya.

Melon emas mengandung vitamin C cukup tinggi, sangat baik untuk mengobati sariawan, menyembuhkan sakit flu dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Di Indonesia, buah ini dikembangbiakkan di daerah Cisarua Bogor dan Kalianda Lampung, namun saat ini sudah mulai berkembang di daerah Grobogan, Malang, Ngawi, Pacitan, Madiun, Blitar, Sukoharjo, Surakarta, Karang Anyar, Klaten, Kulon Progo Yogyakarta, Banten, dan lain sebagainya. Minat petani buah mengembangbiakkan melon emas karena harga jualnya cukup menjanjikan. Tapi penanaman buah ini cukup rumit, diperlukan informasi yang baik serta penyuluhan agar dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan saat panen.

pertanian melon emas

sumber:

Sunpride

Dinpertan

Specialty Produce

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s