Semangka Lonjong / Inul yang Manis

Semangka yang mungkin selama ini anda kenal adalah semangka bulat bola dengan kulit bercorak tekstur kayu, berwarna hijau daun. Belakangan ini ada varietas semangka yang sudah mulai dikenal dan menjadi favorit masyarakat yaitu semangka lonjong atau dikenal dengan sebutan Inul di lingkungan petani atau pedagang. Jenis semangka ini berbentuk lonjong dan memiliki warna kulit gelap (hijau tua), corak tekstur hampir tidak terlalu kentara. Menurut LMGA Agro, varietas semangka ini mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2014, jadi dapat dibilang masih terhitung sangat baru.

Selain bentuk dan warnanya yang khas, semangka ini memiliki daging merah yang menarik dan berbiji. Beberapa orang terbiasa mengkonsumsi buah semangka tanpa biji, dengan alasan tidak menyulitkan saat memakannya. Tapi jangan salah, biji semangka pada varietas semangka lonjong justru membuat buah ini sangat manis. Semangka lonjong memang memiliki rasa lebih manis dan segar. Selain itu kulitnya cenderung lebih tipis dibandingkan jenis semangka bulat, sehingga dagingnya lebih banyak.

WP_003329

Ukuran diameter semangka lonjong tidak terlalu besar, antara 12 – 20 cm, sehingga memudahkan anda memotongnya saat akan disajikan. Bandingkan dengan semangka bulat yang bisa mencapai diameter 50 cm, diperlukan pisau yang panjang untuk membelahnya. Rata-rata berat semangka lonjong adalah sekitar 2.5 – 3 Kg, ideal untuk konsumsi rumah tangga / keluarga kecil. Akan habis dikonsumsi dalam satu hari, sehingga tidak ada buah sisa yang dikonsumsi kemudian hari (menjaga kesegaran buah).

Pada saat terik matahari dan cuaca panas, semangka lonjong paling enak disajikan dalam keadaan dingin dengan menyimpannya beberapa saat dalam lemari es sesudah dipotong … segar!. Kandungan air dalam dagingnya yang relatif tinggi memang dapat cepat menghilangkan dehidrasi, disarankan untuk anda yang memiliki aktifitas fisik yang cukup tinggi.

Dalam dunia pertanian, varietas Inul ini ternyata banyak jenis bibitnya, penaman bibit ini selain memang dari perusahaan berbeda, juga hasil buahnya yang masing-masing memiliki kekhususan. Nama-nama yang dikenal diantaranya Gadis Manis, Putri Delima, Garnis, Palguna, Possa, Torpedo, Redin, Esteem, Gonzales, Winna, King, Innole dan Aura.

Petani pengembangbiakkan semangka di Indonesia lebih banyak terletak di luar Pulau Jawa, karena karakteristik tanamannya yang membutuhkan lahan yang luas. Pengembangbiakkan di Pulau Jawa cenderung lebih tinggi biayanya, selain karena harga lahan yang tinggi, juga biaya operasionalnya, sehingga harga jualnya menjadi kurang kompetitif dibanding semangka dari luar Jawa.

Permintaan semangka di pasaran selalu meningkat, ditengarai semakin banyak pengetahuan masyarakat mengenai manfaat buah ini. Salah satu khasiatnya adalah dipercaya meningkatkan kejantanan laki-laki (Viagra alami), meski belum ada studi komprehensif mengenai hal ini. Sifatnya yang dapat melancarkan peredaran darah, semangka juga dipercaya dapat menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu manfaat lain adalah untuk kesehatan ginjal, kekuatan tulang dan kesehatan mata. Selain buahnya, ternyata kulitnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan Ginjal, kandung kemih, menurunkan hipertensi, pencegahan anemia dan lain-lain.

Harga jual semangka lonjong bisa dibilang sangat terjangkau, di pasaran saat tulisan ini dibuat harganya berkisar antara Rp. 3000,- sampai Rp. 5000,- per kilogram.

sumber:

LMGA Agro

Tanindo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s