Buah Terbesar di Dunia Seberat 14X Orang Dewasa !

Kalau anda diminta mengingat-ingat lagi, buah terbesar yang pernah anda lihat langsung selama ini, kami bisa menbak jawabannya: Semangka atau Nangka. Kecuali anda yang pernah tinggal di luar negeri, terutama Amerika Serikat, mungkin akan menjawab buah labu. Ya, memang labu yang sering dihubungkan dengan perayaan halloween setiap tanggal 31 Oktober, memiliki rentang ukuran cukup lebar, dari yang kecil sampai terbesar. Di Amerika pula dikenal acara tahunan pemecahan rekor labu terbesar.

download (3)

Rekor labu terbesar dan sekaligus buah terbesar di dunia yang tercatat sampai saat ini, dicetak pada tahun 2014 seberat 1056 Kg atau sekitar 14 kali berat manusia dewasa normal (75 Kg). Rekor ini dicatatkan pada buah labu yang dikembangbiakkan oleh manusia, bukan yang tumbuh secara alami. Pemecahan rekor labu yang terjadi sejak tahun 1904, menarik perhatian peneliti dari Harvard University mengenai bagaimana mereka bisa tumbuh seperti raksasa.

download

Dikutip dari BBC.com para peneliti tersebut sudah mengeluarkan sebuah jurnal ilmiah mengenai apa yang mempengaruhi pertumbuhan raksasa buah tersebut dan bagaimana kita harus mengerti labu memproduksi daging buah dan rasa manis yang dikandungnya. Pada umumnya labu raksasa dikembangbiakkan dari varietas awal Hubbard Squash, dalam perkembangan selanjutnya selalu mengalami pertumbuhan semakin besar, disampaikan oleh Dr. Jessica Savage. Penyilangan biji antar varietas dilakukan untuk menghasilkan labu berukuran lebih besar, bahkan bibit awal penyilangan tersebut jadi sulit diketahui.

Tapi buah-buah raksasa ini mempunyai keterbatasan, memiliki 98% kandungan air sehingga kandungan gula dan zat tepung relatif sedikit, hasilnya memiliki rasa yang kurang sedap. Sedikit orang yang mengkonsumsinya, lebih banyak digunakan sebagai dekorasi atau difungsikan sebagai sesuatu yang baru seperti balap perahu. Nilai ekonomi dari buah raksasa ini pun tidak tinggi, karena hanya dapat tumbuh satu buah dari setiap pohon dan sulit dalam pengairan dan perawatannya. Tapi memiliki kontribusi yang tinggi untuk penelitian pertumbuhan buah, lanjut Dr. Savage.

download (2)

Dr. Savage dan kolega-nya membandingkan anatomi dan fisiologi varietas labu dengan varietas awal (leluhurnya) dengan tujuan menemukan bagaimana tanaman labu bisa menghasilkan buah berukuran raksasa. Mereka tertarik secara spesifik pada sistem pembuluh yang mengalirkan air dan kandungan gula. Para ilmuwan ini menemukan bahwa struktur jaringan  tidak berubah walau buah tumbuh semakin besar, artinya nutrisi yang mengalir melalui jaringan ini tetap. Dr. Savage menjelaskan hal ini dengan membuat perumpamaan dengan lalu lintas, semakin banyak kendaraan yang melintas antara dua kota, maka kota tersebut harus meningkatkan kapasitas jalan dan dengan jalur lebih banyak. Begitupun dengan labu raksasa ini, kandungan nutrisi yang mengalir semakin banyak, maka dia harus meningkatkan kapasitas dengan memperbesar kapasitas jaringan dan jalur pembuluh.Yang belum diketahui adalah apakah ada keterbatasan sampai seberapa besar labu akan tumbuh dan sampai titik mana buah ini akan berhenti berkembang. Sejauh ini para petani-lah yang memutuskan kapan dia menghentikan pertumbuhannya.

artikel lain:

Buah Termahal di Dunia

Buah Dengan Kandungan Gula Terbanyak

Buah yang Paling Banyak Tercemar Pestisida dan Pengawet

Wow! Pisang Terbesar di Dunia ada di Papua

 

7

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s