Manggis Menetralkan Kandungan Alkohol Durian

Anda pencinta durian pasti sering dihadapkan pada posisi bingung antara berhenti atau lanjut menikmati durian denga resiko kepala pusing saat menyantapnya. Satu kepala saja dirasa kurang, wangi dan rasanya yang khas membuat anda ingin lagi dan lagi. Efek samping seperti kepala pening akhirnya harus anda abaikan demi menikmati buah kesayangan. Beberapa kepercayaan mengenai bagaimana menghilangkan atau mencegah hal tersebut memang sudah beredar di tengah masyarakat. Yang paling umum adalah dengan meminum air putih yang terlebih dahulu diletakkan pada bagian kulit dalam durian (cekungan atau lundang) dan menggosoknya agar zat lilin di bagian luar ikut larut. Belum diteliti persis mengapa hal tersebut bisa terjadi, asumsi kami bahwa lundang mengandung zat atau enzim yang menahan daging buah durian bereaksi terhadap udara atau zat lain untuk menghasilkan alkohol (fermentasi).

Durian memang sangat mudah terfermentasi, dibiarkan secara terbuka dalam waktu singkat saja, buah ini akan menghasilkan alkohol. Tidak heran anda yang memiliki penyakit maag disarankan untuk menghindari buah ini, karena dapat mengakibatkan meningkatnya asam lambung.


Menurut Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi, Eko Mulyanto, durian yang bersifat “panas” dan dijuluki The King of Fruit, dapat dinetralisir oleh buah manggis yang bersifat “dingin” dan dijuluki the Queen of Fruit. Manggis dipercaya memiliki kandungan zat yang dapat menetralisir kandungan alkohol. Rasa manggis yang masam-manis dan segar juga berlawanan dengan rasa durian yang cenderung sangat manis dan membuat enek.  Tidak kebetulan pula mengapa buah durian selalu panen bersamaan dengan manggis. Tips dari Eko, makanlah 3-4 buah manggis sebelum mengkonsumsi durian, dan anda dapat terhidarkan dari kepala pusing dan kembung akibat peningkatan asam lambung.

Naah kalau sudah begini, anda dapat mengkonsumsi durian sepuasnya tanpa perlu khawatir dengan pusing kepala atau mabuk durian.

sumber:

Manfaat Buah

Rodame’s

Kompas

 

Artikel lain:

8 Buah Penurun Kadar Kolesterol

Buah Pear Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah Yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan+

Sirsak Menyembuhkan Kanker

Buah-buahan untuk Kesehatan Pembuluh Darah

Manggis Ungu yang Misterius

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s