Buah-buahan Untuk Kesehatan Pembuluh Darah

Sistem peredaran darah adalah salah satu hal paling vital dalam kehidupan kita, menyalurkan oksigen ke otak untuk mengoperasikan seluruh fungsi tubuh. Proses pengaturan saluran darah dilakukan oleh organ yang paling penting yaitu Jantung. Gangguan dalam sistem peredaran darah ini dapat mengganggu fungsi utamanya, dan menimbulkan beberapa penyakit, mulai dari gangguan pada saluran dan pembuluh darah seperti stroke, gangguan pada jantung atau klep jantung yang dapat mengakibatkan kematian sampai gangguan pada fungsi otak.

 

Salah satu hal yang perlu juga diperhatikan adalah kesehatan pembuluh darah, karena gangguan pada pembuluh darah dapat berpengaruh secara signifikan pada seluruh sistem peredaran darah. Berbicara menjaga kesehatan pembuluh darah adalah bagaimana membuat pembuluh darah menjadi kuat dengan cara menjaga kesehatan endotelium. Endotelium adalah lapisan sangat tipis dari sel dalam pembuluh darah. Fungsi utamanya yaitu meningkatkan kekebalan dan mencegah inflamasi. Endotelium juga membantu mengatur aliran darah serta menyaring atikoagulan yang menghindarkan pembekuan darah. Gangugan pada endotelium menimbulkan gangguan kesehatan seperti pengerasan saluran arteri.

 

Nitrat Oksida

Nitrat oksida berfungsi melemaskan otot-otot di dinding pembuluh darah, yang dapat memperlancar peredaran darah serta membantu menurunkan tekanan darah serta menghindarkan sel darah menempel satu sama lain (lengket). Hasilnya, kita dapat terhindar dari pembekuan darah. Untuk meningkatkan nitrat oksida, kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat dan asam amino arginin dan sitrulin. Buah yang banyak mengandung nitrat adalah Bit, sedangkan sitrulin banyak terkandung pada buah semangka. Arginin terkandung pada buah melon.

 

Antioksidan

Antioksidan mengingkatkan kesehatan fungsi pembuluh darah. Antioksidan Plavonoid berfungsi meningkatkan kesehatan endotelium dan menghindarkan kekakuan pembuluh darah. Plavonoid banyak terkandung dalam buah anggur, apel dan buah berry. Antioksidan lain adalah vitamin E, yang berfungsi menjaga kerusakan lipoprotein oleh radikal bebas. Lipoprotein bertugas membawa kolesterol dalam darah, dalam keadaan rusak akan melepaskan kolesterol, yang membahayakan pembuluh darah. Buah-buahan yang mengandung vitamin E diantaranya alpukat, mangga, kiwi dan pisang.

 

Homosistein

Homosistein adalah asam amino yang oleh tubuh dirubah menjadi zat lain. Dalam keadaan homosistein meningkat, dapat mengakibatkan kerusakan endotelium dan meningkatkan resiko pembekuan darah. Ada tiga zat yang membantu menurunkan kadar homosistein, yaitu asam folat, vitamin B-6 dan vitamin B-12. Buah-buahan dengan kandungan asam folat tinggi yaitu labu, alpukat, pepaya, jeruk dan buah berry. Sedangkan vitamin B-6 dapat diperoleh dari pisang, alpukat, tomat, melon dan semangka. Vitamin B-12 belum tercatat ditemukan dalam buah-buahan, anda dapat menemukannya dalam ikan dan daging serta telur.

 

sumber:

Livestrong

Manfaat dan kandungan

Wikivitamin

 

Artikel Terkait: 8 Buah Penurun Kadar Kolesterol

Buah Pear Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah Yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan+

Sirsak Menyembuhkan Kanker

Manggis Menetralkan Kaandungan Alkohol Durian

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s