Buah Jeruk dan Imlek

Perayaan Imlek memang sudah lewat, tapi mungkin masih banyak yang belum tahu kenapa perayaan Imlek identik dengan buah jeruk. Jeruk yang biasa ditemui saat merayakan Imlek adalah jenis Lokam, yang berwarna kuning (kadang agak oranye) dan berbentuk bulat.

Ternyata hal ini berkaitan dengan tradisi saling berbagi sejak jaman dulu, dan jeruk menjadi simbol akan pembawa rejeki, mengapa demikian?. Dalam bahasa Mandarin, jeruk dikenal dengan istilah Chi Zhe yang secara harafiah diartikan sebagai buah rezeki. Chi berarti rezeki, Zhe berarti buah. Buah jeruk yang berwarna kuning dikaitkan dengan warna emas, melambangkan kesejahteraan dan kesuksesan, dalam literatur China, emas sering dikaitkan dengan uang. Pendapat lain menyatakan bahwa jeruk yang berwarna cerah menjadi simbol akan masa depan yang cerah.

Selain itu, bentuk jeruk yang bundar, walau terdiri dari potongan buah melingkar, menyatu membentuk kesempurnaan. Simbol-simbol kesempurnaan yang diwakili oleh bentuk bundar atau bulat sering ditemui dalam tradisi China, seperti meja bundar dan kue bulan.

Secara filosofis, buah dan pohon jeruk melambangkan sebuah runtutan atau proses menuju keberhasilan. Dimulai dari penanaman biji, kemudian tumbuh menjadi pohon dan akhirnya berbuah. Dengan kerja keras dan konsistensi, hidup akan menuju kesuksesan dan berbuah kebahagiaan. Tapi tidak berhenti di situ, kebahagiaan harus dibagikan kepada orang lain, supaya mereka juga bisa mendapatkan kebahagiaan yang sama dari mulai menanam biji. Rasa jeruk yang kadang masam dan manis juga adalah terjemahan dari filosofi kehidupan, kadang masam dan kadang manis.

Selain buah jeruk, tradisi perayaan Imlek juga melibatkan pohon jeruk atau disebut dengan Kim Kiat. Sebuah rangkaian pohon jeruk yang lengkap dengan buahnya dan dibuat sebagai hiasan di rumah, rangkaian ini biasanya dibuat oleh penjual pohon dengan beragam ukuran. Harga jual pohon Kim Kiat ini juga cukup beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

jeruk imlek

 

sumber gambar:

http://tabloidnova.com/Griya/Taman/Meriahkan-Imlek-Dengan-Jeruk-Kip-1

http://geewi.com/blog/8-makanan-penuh-keberuntungan-saat-imlek/

 

Artikel terkait:

https://bedahbuah.net/2015/04/15/jeruk-atau-citrus/

https://bedahbuah.net/2015/06/19/infografis-perbandingan-ukuran-jeruk/

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s