Carica si Pepaya Gunung

Kalau anda berkesempatan berkunjung ke wilayah pegunungan Dieng di Wonosobo Jawa Tengah, akan banyak ditemui produk olahan buah khas yang cukup unik yaitu carica. Yang paling umum adalah olahan berbentuk manisan, menjadi salah satu ikon buah tangan daerah tersebut.

Carica atau Karika, disebut juga pepaya gunung atau gedang memedi di daerah Bali, merupakan keluarga pepaya yang tumbuh di dataran tinggi basah antara 1500-3000 m di atas permukaan laut. Buah ini berasal dari pengunungan Andes di Amerika Selatan, diperkenalkan ke daerah tropis sebelum jaman Perang Dunia ke-2, di Indonesia sendiri diperkenalkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Berbeda dengan pepaya, buah carica berukuran jauh lebih kecil, sekitar 10 cm dengan diameter sekitar 5 cm. Warnanya pun ketika matang adalah kuning, dagingnya bertekstur keras dan rasanya agak sedikit masam namun berbau harum. Sama dengan pepaya, dalam rongga buahnya terdapat banyak sekali biji  yang terbungkus sarkotesta. Pada saat sebelum matang, sama-sama memiliki warna hijau.

Selain diolah menjadi manisan, carica juga sering kali digunakan sebagai bahan jus, sirup dan selai. Buah ini sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan, karena memiliki kandungan yang menguatkan dinding saluran pencernaan dan kaya akan serat. Kandungan zat papain dapat membunuh bakteri yang terdapat dalam usus. Carica juga merupakan sumber Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, kalsium dan gula. Kandungan vitamin A pada buah ini ternyata lebih tinggi daripada wortel, sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin B kompleks berperan dalam proses metabolisme tubuh sedangkan vitamin c penting dalam menjaga kekebalan tubuh dan membuang radikal bebas. Carica juga mengandung zat agrinin yang membantu berperan untuk menghindarkan tubuh dalam perkembangan sel kanker.

Manisan buah carica dari Wonosobo memiliki rasa unik, segar, dengan tekstur yang unik juga, gabungan antara lembut di bagian luar namun crunchy di bagian dalam. Sangat sedap dinikmati dalam keadaan dingin.


sumber:

wikipedia

sumber gambar:

caricaku

wisata dieng

 

Artikel lainnya:

Profile Buah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s