Salak, Menyebabkan Konstipasi ataukah Lancar BAB?

Anda pasti pernah mendengar perkataan orag tua yang melarang mengkonsumsi banyak buah salak karena bisa menyebabkan susah buang air besar atau konstipasi. Tapi di lain kesempatan mendengar juga bahwa buah salak menyebabkan mencret atau lancar buang air besar. Keduanya memang tidak ada yang salah, bagaimana penjelasannya?.

Kunci dari kedua hal di atas ternyata ada pada kulit ari, buah salak memiliki kulit/selaput tipis yang menutupi permukaan dagingnya. Kulit ini ternyata mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Apabila anda dalam keadaan susah buang air besar, konsumsi salak beserta kulit ari-nya. Sebaliknya, ketika kulit ari tersebut dikelupas, salak justru mencegah buang air besar, sehingga ketika kondisi pencernaan kita normal, terlalu banyak mengkonsumsinya malah akan menyulitkan buang air besar.

img_1945
Kulit ari yang membungkus daging salak

Sebetulnya kandungan zat tanin pada daginyalah yang menyebabkan konstipasi, zat tersebut memberi rasa sepat pada buah salak muda.

Jadi kesimpulannya selalu sediakan buah salak di rumah anda untuk semua masalah pencernaan, baik saat anda sedang kesulitan buang air besar maupun saat cenderung terlalu lancar buang air besar.

 

Sumber foto:

detikkesehatan, ngafifi

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s