Mencegah Daging Apel Berwarna Kecoklatan

Pasti anda sering mengalami buah-buahan potong anda yang cantik terganggu akibat potongan apel berubah warna jadi coklat. Hasilnya salad buah, es campur atau sajian makanan lainnya jadi kurang sedap dipandang mata dan berujung pada selera makan yang berkurang.

Proses pencoklatan ini adalah akibat reaksi enzim yang terdapat dalam daging buah apel dengan udara, atau disebut dengan istilah oksidasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi.

  1. Memanfaatkan perasan air jeruk, air jeruk mengandung asam sitrat yang dapat mencegah oksidasi. Gunakan perasan air jeruk dengan cara langsung melumurinya pada daging apel atau mencampurkannya dengan air secukupnya dan kemudian merendamkan daging buah apel beberapa menit. Kelemahan metode ini adalah dapat merubah rasa apel yang manis menjadi sedikit asam, oleh karena itu takaran yang tepat sangat diperlukan.
  2. Rendam dengan air garam, larutkan garam ke dalam air secukupnya dan rendam apel beberapa menit. Kemudian cuci dengan air bersih dan ditiriskan.Penggunaan garam telalu banyak tentu dapat merubah rasa apel.
  3. Gunakan air berkarbonasi, seperti juga air jeruk, minuman berkarbonasi mengandung asam sitrat yang efektif mencegah oksidasi. Celupkan apel selama 2-3 menit ke dalam air berkarbonasi. Supaya rasa apel tidak berubah, pakai minuman berkarbonasi dengan rasa yang tidak terlalu tajam.
  4. Gunakan madu, kandungan peptida pada madu mencegah proses oksidasi pada daging apel. Gunakan madu secukupnya langsung pada daging buah, atau mencampurnya dengan air. Rasa madu yang manis malah membantu rasa apel menjadi lebih enak.

dsfsdf10230130101001301010101

Silahkan gunakan metoda tersebut sesuai pilihan anda dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan, serta tujuan penyajian. Selamat mencoba!

Sumber foto:

WonderHowTo

Sun Gazing

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s