Warso Farm, Agrowisata Untuk Pencinta Durian

Penggemar buah durian sedikit berbeda dengan penyuka buah lainnya, mereka lebih “militan” untuk memuaskan hasrat menikmati buah kesayangannya. Rela mengeluarkan tenaga lebih untuk berburu ke tempat yang tidak dekat dari tempat tinggalnya.

Warga Kota Bogor, terutama di bagian timur dan tenggara sudah akrab dengan tujuan agrowisata satu ini, apalagi kalau mereka pecinta durian. Warso Farm, sebuah nama yang unik, sudah sejak lama dikenal dan menjadi pilihan terbaik untuk menikmati buah wangi tersebut. Terletak di jalan alternatif menuju Lido, Sukabumi, dari arah Pamoyanan. Agrowisata ini bisa dibilang mengedepankan konsep eduwisata, berbagai informasi mengenai durian tersedia di beberapa media, seperti papan pengumuman, penanda arah, nama di dekat pohon dan sebagainya tinggal pengunjung mau membacanya atau tidak. Yang menarik, seluruh keluarga dimanjakan di sini, seperti kuliner, jajanan, fasilitas permainan dan jalur perjalanan yang sangat memadai. Kondisinya sangat bersih, sehingga pengunjung tidak diberi kesempatan untuk tega mengotori seluruh areal perkebunan ini dengan sampah.

Untuk menuju ke sana menggunakan mobil atau motor, anda tinggal mencari stasiun kereta Batutulis, jalanannya sedikit curam dengan  belokan tajam menukik. Dari arah Jakarta apabila melewati tol, anda berbelok kiri memasuki jalan Pajajaran menuju Tajur  sampai menemukan bundaran sebelum Lippo Plaza Ekalokasari, kemudian ambil lajur paling kanan dan memutar menuju Jalan Siliwangi, tak jauh dari situ, berbelok kiri ke Jalan Lawan Gintung, ikuti petunjuk jalan menuju stasiun Batutulis. Di sebuah pertigaan setelah stasiun, pilih untuk berbelok kanan melewati jembatan besar menuju Jalan R.E Sumantadireja, kondisi jalan sangat bagus dan nyaman, hanya saja di waktu tertentu cukup padat dengan kendaraan yang akan menuju Sukabumi. Sekitar 4-5 Km kemudian, anda akan berada di Jl. Raya Cihideung, jalan terus sampai menemukan Jl. K.H Halimi dan perhatikan sisi kanan, anda akan menemukan gerbang besar bertuliskan PALAD, atau Batalyon Peralatan Angkatan Darat. Masuklah, dan anda sudah sampai. Ya, memang perkebunan durian ini berada dalam kompleks militer TNI-AD, namun anda akan menemukan suasana yang jauh sekali dari aroma militer.

Di bagaian depan area, deretan warung memanjakan mata dan tentu perut. Berbagai pilihan makanan dan penganan tersedia di sini, dan sudah tentu durian jadi bahan utamanya. Pilihlah yang anda mau, mulai dari serabi durian, es krim durian, pop corn rasa durian, sop durian dan lain sebagainya. Khusus anda yang hanya berniat menikmati buah durian saja tanpa olahan lain, silahkan datang ke sebuah warung yang berada di bagian kanan. Warung ini menyediakan buah durian segar yang bebas anda pilih, baik jenis maupun ukurannya. Tersedia juga beberapa meja dan kursi untuk bersantai menikmati kelezatan buah tersebut. Tapi jangan salah, durian yang anda pilih dapat dengan bebas dibawa ke warung lainnya, sambil menikmati kuliner lainnya. Di sekitar area ini, terdapat sebuah patung durian besar yang cocok untuk digunakan sebagai tempat berfoto. Selain itu terdapat juga patung buah naga yang berukuran lebih kecil. Kenapa patung buah naga?, karena di bagian belakang perkebunan, dibudidayakan juga buah berkhasiat ini.

Jpeg
Patung Durian Raksasa, biasa digunakan sebagai latar untuk berfoto – dok. bedahbuah.net

Beberapa puluh meter ke bagian dalam, melewati area parkir terdapat sebuah kolam ikan yang di atasnya didirikan sebuah rumah susun burung merpati. Kita dapat menikmati tarian air mancur yang cukup tinggi, dan tentu akan sangat bagus digunakan sebagai latar belakang anda ber-selfie ria. Cipratan airnya, di waktu tertentu akan membentuk pelangi bila terkena sinar matahari.

Berjalan terus ke bagian dalam, kita akan menemukan warung lain yang menyediakan penganan berbahan durian, dilengkapi kursi-kursi yang nyaman, di bawah rindangnya pohon-pohon besar. Tidak hanya pohon durian, tanaman lain pun bisa kita temui di bagian depan menuju perkebunan durian ini. Kemudian jalan setapak yang dibentuk dari semen, akan menggiring kita terus menanjak menuju kebun durian yang letaknya lebih tinggi dari area parkir. Deretan pohon durian disusun rapi, dengan jarak yang memang diatur sedemikian rupa. Durian-durian yang sudah mendekati matang diikat dengan tali, agar tidak mudah jatuh dan menghindari resiko menimpa pengunjung. Di tengah-tengah perkebunan, terdapat beberapa bangunan semen yang bisa digunakan untuk beristirahat dan memungkinkan juga untuk digunakan untuk acara tertentu. Selain itu, area permainan anak tersebar, agar mereka tetap bisa menikmati alam sambil bermain. Udara segar terasa menyejukkan, tajam menusuk hidung bebauan alami bercampur dengan wangi buah kesayangan. Sebuah selokan membelah perkebunan, mengalirkan air jernih dan menggemericik menghipnotis. Rangkaian pohon yang diatur rapih, memberikan jalan bagi pengunjung untuk menjelajah seluruh area.

Jpeg
Jalan setapak di tengah kebun durian – dok.bedahbuah.net
Jpeg
Buah durian yang menggantung di pohonnya – dok. bedahbuah.net

Apabila anda berjalan erus menuju arah barat, kan sampai pada sebuah ujung yang berbentuk lapangan rumput luas, dihiasi tiang-tiang bambu menggapai langit. Pagar pembatas akan terlihat, dan ketika anda melewati pintu pagar tersebut, terbentang luas di bagian lembah sebuah pemandangan luar biasa. Pohon buah naga yang menyerupai kaktus berjejer sangat rapih. Sayang saat bedahbuah berkunjung, kondisinya telah panen, sehingga tak tampak warna merah terang buah yang menggiurkan tersebut menggantung di batangnya. Uniknya, untuk membuat tanaman buah naga berdiri, masing-masing pohon “ditempelkan” pada patok semen yang disusun rapih.

Jpeg
Kebun buah naga yang membentang – dok.bedahbuah.net

Di bagian yang terbuka ini, pandangan kita akan terbuka luas sampai di perbukitan seberang. Angin sejuk bertiup, menyentuh kulit. Kadang kita lihat burung-burung terbang berkejaran dan bersiul bercuitan.

 

Kami merekomendasikan agrowisata ini untuk dikunjungi anda beserta keluarga, untuk berbagi kebahagian, berbagi pengetahuan dan tentu menikmati surga kuliner berbahan durian.

Jpeg
Area bermain anak – dok.bedahbuah.net
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s